WAREK III DAN KETUA DEMA IAIN CURUP IKUTI STUDENT MOBILITY PROGRAM KE TIGA NEGARA

WAREK III DAN KETUA DEMA IAIN CURUP IKUTI STUDENT MOBILITY PROGRAM KE TIGA NEGARA

KHM. IAIN Curup, Reportase– Students Mobility Program tahun 2019 dilaksanakan dari Tanggal 24-30 November 2019 ke Tiga Negara yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kegiatan ini diikuti oleh PTKIN Se-Indonesia dibawah Kementrian Agama RI.

Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, Ruchman Basori mengatakan SMP merupakan program untuk memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa mengenal sistem pendidikan, tradisi akademik, dan kemahasiswaan perguruan tinggi di luar negeri. Kuala Lumpur, Selasa (26/11/2019).

Thailand, Kamis (27/11/2019) Wakil Rektor III IAIN Curup Dr. Kusen, S.Ag., M.Pd  yang mendampingi delegasi IAIN Curup mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini kita jadikan sebagai ajang memperkuat kerjasama luar negeri sebagai bentuk komitmen Kita dalam mempercepat pengembangan kampus dan diharapkan ke depan mahasiswa-mahasiswi kita dapat melanjutkan studinya keluar negeri melalui beasiswa yang terus kita coba dan komunikasikan”.

Para Rombongan mengunjungi empat perguruan tinggi tujuan, Kolej Az-Zuhri di Singapura, KUIS-Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (Universitas Islam Antarbangsa Selangor), International Islamic University of Malaysia (IIUM) dan di Fathoni University Thailand.

Singapura, Senin (25/11/2019) Yoga Pratama Putra Ketua DEMA IAIN Curup  mengatakan, “saya sangat Bersyukur bisa mengikuti kegiatan SMP ini, dimana saya dapat bertemu dengan seluruh peserta dari berbagai kampus PTKIN se-indonesia, kami juga diajak dan di kenalkan mengenai Culture, Budaya, Kebiasaan Akademik Mahasiswa yang ada di luar negeri, dan saya berharap rekan-rekan mahasiswa juga nantinya memiliki kesempat yang sama.”

Kegiatan tersebut memiliki berbagai acara salah satunya Seminar Kebangsaan Internasional, Talkshow dan juga Diskusi serta melakukan Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengembangan PTKI antara IAIN Curup dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri.