Seminar Regional Pendidikan Matematika

Seminar Regional Pendidikan Matematika

Sabtu, 15 Desember 2018 bertempat di Gedung Auditorium Perpustakaan Pusat IAIN Curup, berlangsung kegiatan Seminar Regional Pendidikan Matematika dengan tema “Peranan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Membangun Generasi Muda yang Islami melalui Literasi Pendidikan Matematika”.
Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk merumuskan, mengunakan, dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks pemecahan masalah kehidupan sehari-hari secara efektif. Hal ini akan mendorong seseorang untuk peka dan paham pengunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dunia kerja misalnya, literasi metematika juga memiliki peranan vital. Meskipun saat ini kinerja kita telah banyak dibantu oleh komputer, kita perlu untuk memiliki kemampuan literasi matematika. Tuntutan kerja saat ini bukan lagi pada bagaimana mengunakan perhitungan matematis akan tetapi lebih kepada bagaimana kita memahami suatu sistem dan bagaimana mengembangkannya.
Secara sederhana matematisasi dapat dimaknai sebagai proses penerjemahan dan pemecahan masalah sehari-hari. Masalah sehari-hari direpresentasikan kedalam masalah matematis untuk kemudian di selesaikan. Proses penyelesaian masalah ini melibatkan segenap objek dalam matematika. Setelah diperoleh solusi, solusi tersebut ditafsirkan kedalam konteks atau situasi nyata.
Dalam kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi yang sesuai dengan tema kegiatan, sebagai pengisi materi 1 ialah Bpk. Jamal Effendi, S.Pd (Sekretaris Komunitas Matematika dan Instruktur Nasional Guru Pembelajar), dan Ibu Mutia, M.Pd (Dosen Tadris Matematika IAIN Curup).
Kegiatan berlangsung selamat satu hari dan kegiatan dibuka oleh Rektor IAIN Curup yang didampingi Plt. Dekan tarbiyah dan Plt. Wakil Dekan 1 serta dihadiri seluruh dosen Tadris Matematika serta mahasiswa IAIN Curup.