WISUDA II IAIN CURUP MEWISUDA 379 MAHASISWA

WISUDA II IAIN CURUP MEWISUDA 379 MAHASISWA

KHM IAIN Curup, Kamis, (17/10) bertempat di Aula Rektorat Lt.1 Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Curup kembali menyelenggarakan Wisuda Sarjana Angkatan II untuk strata 1 (S.1) dan Pascasarjana (S2) sebanyak 379 mahasiswa. Diawali dengan pembukaan Sidang Senat terbuka dipimpin oleh Ketua Senat IAIN Curup Prof. Dr. H.Budi Kisworo, M.Ag dan dihadiri oleh 12 Anggota Senat lainnya. Dilanjutkan dengan Sambutan Rektor IAIN Curup Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag.,M.Pd. beliau menyampaikan bahwa wisuda yang digelar kali ini merupakan Wisuda Angkatan II setelah peralihan alih status dari STAIN menjadi IAIN. Beliau berharap agar Alumni yang diwisuda hari ini bisa mengangkat martabat keluarga, lingkungan, Kabupaten dan bahkan Negara dengan dapat berkontribusi dalam pembangunan di Rejang Lebong dan memberikan dampak yang baik untuk Kabupaten Rejang Lebong.

Wisuda kali ini dikategorikan istimewa dan menarik perhatian wisudwan dan orang tua wali dengan dihadirnya orang nomor 1 di Rejang Lebong yaitu Dr. H. Ahmad Hijazi, SH., M.Si. yang memimpin lantunan sholawat badar bersama para hadirin sebelum memulai sambutannya menambah nuansa religi nan syahdu dalam ruangan prosesi. Adapun dalam sambutannya beliau menyampaikan kepada wisudawan pesan pertamanya yaitu wisudawan harus memiliki akhlak yang baik karena pintar saja tidak cukup tetapi juga harus memiliki akhlakul karimah. Bupati meminta  agar lulusan IAIN Curup dapat berkontribusi dalam membangun dan pembentukan akhlak, karena IAIN adalah Institusi yang dapat memproduk insan-insan pelopor ketauhidan dan akhlaqul karimah serta dapat dijadikan uswah dan udhwah ditengah-tengah masyarat.

Wisudawan berasal dari tiga fakultas yaitu Ushuluddin Adab dan Dakwah, Tarbiyah dan Syariah dan Ekonomi Islam serta program Pascasarjana terdiri dari 20 program studi dilantik oleh Rektor IAIN Curup ditandai dengan pemindahan kucir dari kiri ke kanan dan penyerahan ijazah oleh masing-masing dekan di lingkungan IAIN Curup. Pada kesempatan ini diumumkan para jawara yang berbeda dengan wisuda sebelumnya terbaik prodi hanya dibacakan saat pemanggilan wisudawan keatas pentas prosesi sedangkan yang mendapat piagam penghargaan melalaui SK Rektor di ambil terbaik per fakultas ditambah program pascasarjana dan diberikan juga untuk mahasiswa yang memiliki hafalan Quran (Hafizd) terbanyak. Berikut nama wisudawan terbaik  yaitu ; Pascasarjana diraih oleh Azzohardi, M.Pd Prodi PAI (S.2) dengan IPK 3,90 yudisium Pujian, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Muhammad Agus Setiawan, S.Sos Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dengan IPK 3,81 yudisium Pujian, Fakultas Tarbiyah Agil Ramadhan, S.Pd Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IPK 3,92 yudisium Pujian dan Fakultas Syariah & Ekonomi Islam Handoko, SH Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyyah)IPK 3,84 yudisium Pujian. Sedangkan peraih Hafizh Quran terbanyak yaitu Abdurrahman, S.Pd Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dengan jumlah hafalan 30 Juz.

Pada momen ini Rektor IAIN Curup Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd menerima kembali 2 orang dosen yang menyelesai S.3 (Doktor) yaitu Dr. Hendra Harmi, M.Pd dan Dr. Dewi Purnamasari, M.Pd., juga  melepas 2 orang ASN Purna Bakti yaitu Drs. H. Zainal Arifin, SH., MH dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dan Dra. Hj. Ulfa Harun, M.Pd.I dosen Fakultas Tarbiyah. Kepada masing-masing mereka diberikan apresiasi dan ucapan terima kasih berupa piagam penghargaan dan medali IAIN Curup.

 

seven − five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.