PBAK IAIN CURUP DIBUKA, REKTOR; PILIHAN YANG TEPAT MENJADI INTELEKTUAL YANG ULAMA DAN ULAMA YANG INTELEKTUAL

PBAK IAIN CURUP DIBUKA, REKTOR; PILIHAN YANG TEPAT MENJADI INTELEKTUAL YANG ULAMA DAN ULAMA YANG INTELEKTUAL

KHM IAIN Curup, Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) IAIN Curup Tahun Akademik 2019/2020 Sabtu, 31/08/2019 bertempat di Aula Rektorat IAIN Curup resmi di buka ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati yang diwakili Asisten III Setda Kab. Rejang Lebong Ir. Afnisardi, M.Si. Gemuruh gegap gempita dan senyum sumringah diselingi dengan tepuk tangan meriah dari para hadirin mewarnai pendahuluan acara secemoni ini dengan penampilan memukau tarian musik budaya lokal Dol Jalawaring Kencana Rejang Lebong.

Rektor IAIN Curup Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag., M.Pd awali dengan ucapan ahlan wa sahlan bi hudhu rikum fi IAIN Curup kepada adik-adik mahasiswa baru. Adapun Materi sambutannya dihadapan para hadirin berbicara dua hal tentang IAIN Curup yaitu Pertama tentang nomen klatur kelembagaan Secara nomenclatur IAIN Curup baru berumur 1 tahun 4 bulan, melalui Perpres No. 24 tahun 2018 yang diundangkan pada tanggal 24 April 2018. Kedua substantif dan konten dimana IAIN Curup seiring alih status melakukan percepatan dengan berhasil meningkatkan akreditasi Institusi prediket B sejajar dengan IAIN di Indonesia, Akreditasi Perpustakaan prediket A dan menjadi pustaka rujukan, disusul dengan Prediket A Prodi Bahasa Inggris menambah inventaris akreditasi porgram studi yang selama ini hanya Prodi PAI  denga prediket A, jurnal ilmiah 12 terakreditasi Nasional dan 9 terindeksasi Internasional. IAIN Curup juga member AIUEA (Asosiasi Perguruan Tinggi Islam se Asia Tenggara). Selanjutnya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa baru telah memilih Pilihan yang tepat menjadi Intelektual yang ulama dan Ulama yang intelektual dengan pasti kawah candra dimuka IAIN Curup. Usai sambutan dilanjutkan dengan pengalungan tanda peserta PBAK kepada perwakilan Maba yang telah ditunjuk.

Sementara Bupati Rejang Lebong dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Ir. Afnisadi, M.Si mengucapkan selamat datang kepada anak-anak kami para mahasiswa/mahasiswi berjumlah 1.300 orang yang telah tergabung di iain curup tahun 2019, selamat datang di bumi rejang lebong bagi anak-anak kami yang berasal dari luar rejang lebong. anda telah menetapkan pilihan yang tepat untuk menimba ilmu sebagai bekal masa depan, anda berbeda dengan teman-teman anda di perguruan tinggi umum yang memilih program studi elektro, mesin atau bangunan, mereka akan berhadapan dengan benda mati. mahasiswa iain sebaliknya akan berhadapan dengan benda hidup, tampil menjadi lokomotif yang sanggup mengubah arah pengetahuan dan kehidupan beragama masyarakat berorientasi dunia akhirat. Tampillah sebagai agen of change (tokoh perubahan) dan agen of social control (tokoh kontrol sosial), pergunakanlah kesempatan studi dengan baik sehingga dapat tamat waktu dengan nilai yang bagus. Anak-anak kami akan bangga setelah tamat nanti, tidak lagi dibayang-bayangi dengan akreditasi, karena telah setara dengan perguruan tinggi lainnya dan tidak diragukan sebagai syarat CPNS. Dikampus Moderasi Islam ini para mahasiswa akan mendapatkan fasilitas yang memadai, tenaga dosen lulusan perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri di dukung oleh suasana alam kota curup yang nyaman dan bersahabat. Mengakhiri sambutannya beliau Berharap Kepada PBAK IAIN Curup Dapat Berlancar Dengan Baik Berdasarkan Pola Orientasi Budaya Akademik Yang Cerdas, Religius Dan  Bermartabat Sesuai Dengan Nama Institusinya Yaitu Iain. Kepada Panitia Dan Pimpinan Untuk Memonitor Kegiatan Ini Sehingga Bisa Dijamin Tidak Ada Kekerasan, Senantiasa Menghormati Nilai-Nilai Kemanusiaan.

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan Stand Pameran oleh Bupati, Rektor beserta rombongan yang di pandu oleh Kepala Sub. Bagian Kerjasama dan Hubungan Masyarakat IAIN Curup Ibnu Amin, S.Ag.,MA. Peninjauan dimulai dari Stand Kerohanian, dilanjutkan ke Stand MAPASTA lengkap dengan alat-alatnya, FORMADIKSI dihiasi dengan baju seragam perangkatan, Fakultas Tarbiyah dengan penampilan keunikan prodinya,Stand FUAD TV ada sesi konfrensi persnya, Fakultas Dakwah dengan interpreneurshipnya, dan pada KSR PMI agak beda dengan stand lainnya yang hanya selfi dan wawancara ternyata rektor menyempatkan diri untuk mengecek tensi darah ditengah kesibukannya ternyata hasilnya baik 120/80 semoga sehat selalu ya pak. Peninjauan berlanjutnya dengan stand pramuka dan diakhiri pada stand Resimen Mahasiswa.

Acara pembukaan mendapat apresiasi khusus dari Rektor dan Bupati yang ditujukan kepada Stering Comite melalui Ketua SC Drs.H. Kemas Rezi Susanto, M.Pd.I dkk dan Organizing Comite yang dipercayakan kepada M.Hiksan Sanjaya dkk. Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Rektor I, Dr. H. Beni Azwar, M.Pd. Kons, Wakil Rektor II Dr.H. Hamengkubuwono, M.Pd, Wakil Rektor III Dr.Kusen, S.Ag., M.Pd, Kepala Biro AUAK H. Muhammad Abdu, S.Pd.I., MM, Dekan Tarbiyah Dr. H. Ifnaldi, M.Pd, Dekan FSEI Dr. Yusefri, M.Ag, Dekan FUAD diwakili Hariya Toni, S.Sos.I.,MA, Wakil Dekan Tarbiyah yang juga Wakil Ketua SC H. Abdul Rahman, S.Ag., M.Pd.I serta dosen dan para pejabat lainnya