LKTIN & LDK CAIS Expo 2018 IAIN Curup

LKTIN & LDK CAIS Expo 2018 IAIN Curup

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasioal, LDK CAIS Expo 2018 (24-25 November 2018)

Karya tulis atau penelitian adalah tolok ukur sebuah peradaban, semakin banyak riset yang dilakukan maka akan semakin banyak pula inovasi yang di temukan menandakan kemajuan peradaban. Oleh karenanya UKM Kerohanian (LDK Cahaya Islam) dalam hal ini menginisiasi mahasiswa Khususnya Mahasiswa IAIN Curup untuk ikut andil dalam menciptakan peradaban melalui LKTIN.

LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) ini diikuti oleh dua belas finalis dari sembilan Universitas di seluruh Indonesia, yaitu: IAIN Curup, IAIN Pontianak, IAIN Purwokerto, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Aisiyah (UNISA) Yogyakarta, Universitas Jambi (UNJA), Universitas Sriwijaya (UNSRI), dan Universitas Bengkulu.

Ketua Panitia S.Nudia Mastur (Mahasiswa MPI semester 5), menyampaikan, ucapan selamat datang dan selamat kepada kedua belas finalis serta juga ucapan terimakasih kepada IAIN Curup yang telah mendukung secara penuh LKTIN dan seluruh panitia yang telah berkontribusi besar pada kegiatan LKTIN ini.

Kegiatan LKTIN diharapkan mampu memajukan kampus tercinta IAIN Curup, yang mana pada beberapa waktu lalu kami adalah orang yang di utus untuk belajar di negeri orang, kemudian ilmunya kami kembangkan untuk kampus tercinta, harapannya IAIN Curup tidak lagi hanya mengirimkan delegasi untuk belajar dinegeri orang tetapi menjadi tempat orang belajar dan menggali ilmu untuk memajukan kampusnya masing – masing. Mahasiswa jangan selayaknya ikan yang menanyakan apa yang diberikan air kepadanya karna sudah tentu airlah yang sudah membesarkan dan menghidupkannya, maka tanyakanlah apa yang sudah ikan berikan kepada air, karena ikan saat ini  hidup didalam air, sepeti juga mahasiswa, jangan tanyakan yang kampus berikan kepadamu tetapi tanyakanlah apa yang sudah kau berikan pada kampusmu, karena saat ini kau hidup didalam kampus dan engkau besar karena kampusmu”

Yoga pratama Putra (mahasiswa Perbankan Syari’ah semester 5) yang juga sebagai Ketua Umum UKM Kerohanian Cahaya Islam menyampaikan “kegiatan ini akan diadaakan secara kontinu ditahun berikutnya, sebagai salah satu progrm kerja UKM Kerohanian Cahaya Islam, setelah kami Laounchingsafari jum’at terjun kemasyarakat bulan lalu, harapannya UKM kerohanian / LDK tidak lagi bergerak di internal kampus dan daerah tetapi juga skala nasional, salah satunya melaui karya tulis ilmiah ini,.”

Rektor IAIN Curup, bpk Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag, M.Pd, memberikan sambutan saat pembukaan LKTIN, menyampaikan bahwa :

“Era milenial ini adalah era tekhnologi, semua kalangan bisa memanfaatkannya, namun demikian tentu terdapat sisi positif dari kemajuan tekhnologi juga sisi negatif yang diibaratkan seperti sebilah pisau, yang jika salah digunakan bisa menyebabkan potensi radikalisme.

Mahasiswa adalah agent of change, yang berkontribusi besar terhadap perubahan suatu bangsa, mahasiswa adalah pilar dunia, yang di harapkan mampu memberikan terobosan yang strategis untuk menangkal radikalisme.

Saya mengucapkan apresiasi yang sebesar besarnya, baik kepada panitia, juga kepada partisipan yang telah mengikuti kegiatan LKTIN ini, dan ini juga kejutan bagi saya, sebab kegiatan ini adalah kegiatan yang berlebel Nasional, menariknya dilakukan oleh mahasiswa yang berasaldari UKM Kerohanian Cahaya Islam. Begitulah seharusnya, Islam itu harus melekat, Islam itu seperti Cahaya yang menerangi kegelapan dimanapun berada. Dan itu dimulai dan di inisiasi oleh UKM Kerohanian, agar kampus kita ini tidak hanya besar secara akademik tetapi juga kritis terhadap isu internasional, hot isu dan hot trending. Kegiatan LKTIN ini adalah parameter untuk kegiatan lainya, oleh karenanya saya berharap kegiatan ini  akan tetap kita lanjutkan dengan yang lebih besar lagi, tentu juga dengan yang lebih meriah lagi”

LKTIN kali ini bertema “peran generasi milenial tangkal radikalisme” yang dimenangkan oleh Universitas Aisiyah (UNISA) untuk juara pertama, IAIN Pontianak juara kedua dan UNIB sebagai juara ketiga dan best persentation.

Kegiatan LKTIN ini di adakan 2 hari yaitu pada Sabtu 24 hingga ahad 25 November 2018 di Auditorium Perpustakaan IAIN Curup, dimana hari pertama adalah persentasi dari dua belas finalis  dan hari ahadnya adalah pengumuman pemenang, yang sekaligus diisi dengan seminar tangkal radikalisme bersama Ustad Yukron, S.TH.I.

Pembagian hadiah para pemenang diberikan langsung oleh Pembina UKM Kerohanian Cahaya Islam Bapak Agusten, S.Ag.

“Kegiatan ini adalah pengalaman yang tidak terlupakan sebab dari daerah yang cukup dingin membuatku merasa ingin tetap tinggal di Curup, panitia yang ramah dan asik juga suasana kampus yang asri juga menambah rinduku pada saat aku pulang ke Pontinanak, Kalimantan, dan kami mendapatkan pelajaran yang sangat banyak dari LKTIN ini”, pungkas salah satu peserta finalis dari IAIN Pontianak. (25.11.18)

@inspiratormuda (bidang Syi’ar media FSLDK Bengkulu, IAIN Curup)