IAIN CURUP MENDAPAT KUNJUNGAN DARI PEMKAB SAROLANGUN PROPINSI JAMBI

IAIN CURUP MENDAPAT KUNJUNGAN DARI PEMKAB SAROLANGUN PROPINSI JAMBI

KHM IAIN Curup, Insitutut Agama Islam Negeri Curup Selasa, 03/09/2019 mendapat kunjungan dari delegasi Pemerintah Daerah Kab. Sarolangun Propinsi Jambi dipimpin Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Setda Sarolangun Ahmad Nasri, SH dan Kasubbag Kerjasama, Dok dan Informasi Produk Hukum Khaironi, SH beserta rombongan. Mereka disambut oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor III Dr. Kusen, S.Ag., M.Pd (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama) diruang kerjanya di dampingi Kasubbag. Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Ibnu Amin, S.Ag., MA. Adapun tujuan kedatangan Tim berdasarkan surat tugasnya adalah untuk melakukan pendataan Nota Kesepahaman antara IAIN Curup dengan Pemerintah Kab. Sarolangun di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta administrasi pemerintahan.

Kabag. Hukum dan Kerjasama Ahmad Nasri menjelaskan ini merupakan program Pemkab. Sarolangun untuk mendata dan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi tempat mahasiswa asal Sarolangun menuntut ilmu sekaligus meninjau kondisi dan proses perkuliahan mahasiswa tersebut, data yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan pengambilan kebijakan oleh Pemkab seperti penyaluran bantuan berupa beasiswa dengan mekanisme pengajuan proposal oleh mahasiswa yang bersangkutan ditujukan kepada Pemkab Cq. Dinas Pendidikan. Pemkab tidak mengetahui kesulitan apa yang dihadapi oleh para mahasiswa, maka dari itu dihimbau kepada mereka untuk dapat berkunjung ke Pemkab baik secara bersama atau perwakilan guna menyampaikan data-data lengkap seperti nama mahasiswa, nama orang tua, asal desa dan kecamatan mana. Pesan dan harapan tersebut ditanggapi langsung oleh Dosen IAIN Curup asal Kab. Sarolangun Nurjannah, M.Ag “sebagai tempat mengadu mahasiswa asal Sarolangun saya mengetahui persis kondisi mereka rata-rata ekonomi menengah kebawah yang butuh sentuhan dan perhatian khusus dari Pemkab.

Sementara Wakil Rektor III Kusen menyambut baik kunjugan tim dan siap untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Sarolangun di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terutama pembinaan terhadap suku anak dalam yang ada diwilayah tersebut. Selanjutnya beliau juga menginfromasikan bahwa saat ini setidaknya ada 15 mahasiswa asal Kab. Sarolangun yang kuliah di IAIN Curup pada berbagai program studi dan diantara mereka sudah ada yang mendapat berbagai macam beasiswa seperti Bidikmisi, BAZNAS, BI dan program beasiswa lainnya, beliau sangat berharap Pemkab memberikan perhatian kepada para mahasiswa untuk kelancaran proses perkuliahannya melalui berbagai beasiswa yang ada di Pemkab Sarolangun. Menutup perbincangannya Wakil Rektor III mengatakan bahwa kunjungan tim ini akan kami balas dengan kunjungan kembali ke Kab. Sarolangun pada waktu mendatang semoga pertemuan ini menjadi awal yang baik antara kedua belah pihak.