IAIN CURUP GELAR SOSIALISASI SPAN PTKIN DAN UM PTKIN

IAIN CURUP GELAR SOSIALISASI SPAN PTKIN DAN UM PTKIN

KHM IAIN Curup, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup mengadakan sosialisasi Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) di Gedung Aula Perpustakaan IAIN Curup Juma’at, (24/1).

Acara Sosialiasi SPAN PTKIN dan UM PTKIN dibuka oleh Dr.H. Beni Azwar, M.Pd., Kons dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala Madrasah/Sekolah dan operator IT dan mensukseskan SPAN PTKIN dan UM PTKIN dari tiga Kabupaten yakni Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong. Lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa sebelum dilaksanakan kegiatan ini Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Curup Tahun 2020 juga telah melakukan sosialisasi langsung ke siswa kelas  XII yang berada Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong serta Kab/Kota tetanga dalam wilayah Propinsi Sumatera Selatan dan Jambi meliputi Kota Lubuk Linggau, Kab. Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Sarolangun, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, bahkan menjangkau OKU Timur dan OKU Selatan. Sosialisasi ini dilakukan dengan 2 skema yaitu Pertama; PMB terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan sebanyak 5 Tim. Kedua; Mahasiswa melalui Ikatan Mahasiswa perdaerah, kesempatan liburan semester di kampung halaman mereka manfaatkan mengunjungi almamater waktu SLTA apakah Ponpes, MA, SMA dan SMK. Selain siturahmi kepada guru-guru juga memberikan informasi dan motivasi kepada adik-adik mereka siswa kelas XII setelah tamat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan semoga mereka menjadikan IAIN Curup sebagai salah satu pilihan.

Geliat IAIN Curup juga diinformasikan oleh Dr. H. Beni Azwar, M.Pd.,Kons diman sejak IAIN Curup alih status dari STAIN menjadi IAIN sudah banyak kemajuan-kemajuan yang dicapai seperti akreditasi institusi dari C menjadi B, perpustakaan terakreditasi A serta prodi yang tadinya C sudah menjadi B dan Prodi-prodi yang akreditasinya B sudah berubah menjadi A. Selain itu IAIN Curup memiliki mahasiswa asing dari Thailand dan insya Allah 2020 ini IAIN Curup berencana akan memberangkatkan mahasiswa untuk  mengikuti PPL ke Kamboja dan Vietnam.

Sementara itu teknis pengisian data disampaikan oleh Jurianto, S.Pd.I.,M.Hum.  Tim Operator IT SPAN PTKIN IAIN Curup adapun tahapan Jadwal seleksi SPAN PTKIN yang dimulai dengan pengisian PDDS mulai 6-31 Januari dilanjutkan dengan verifikasi, pendaftaran 3-28 Februari, proses seleksi  2-20 Maret, Pengumuman kelulusan 10 April, serta daftar ulang 13-20 Juli.