BAKOMAS  (Bakti Konseling Masayarakat)

BAKOMAS (Bakti Konseling Masayarakat)

Pulau Panggung, Kec. Semende Darat Laut, 17 Desember 2018, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Curup mengadakan kegiatan BAKOMAS (Bakti Konseling Masyarakat), bertepat dilapangan sepak bola Batu Thingking. Merupakam salah satu program tahunan yang dilakukan oleh HMJ BKI IAIN Curup yang mana dalam kegiatan ini sebagai orientasi mahasiswa BKI dalam berorganisasi, bermasyarakat,  beradaptasi pada lingkungan yang baru. Sehingga setelah mereka tamat kuliah, mereka sudah mampu berkat ilmu yang mereka dapatkan dari kegiatan bakomas. Biasanya kegiatan bakomas ini dilaksanakan pada semester 1, diikuti oleh seluruh angakatan baik dari semester 1 sampai 7, dan saat mereka semester 5 akan menjadi panitia penyelenggara bakomas tersebut.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Kepala Desa Pulau Panggung ini diselenggarakan selama lima hari, yaitu mulai dari tanggal 16 – 21 Desember 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kampus IAIN Curup, sekaligus mensosialisasikan IAIN Curup kepada para siswa dan masyarakat, selain itu juga sebagai penerapan praktek konseling sekolah dan konseling masyarakat.

Dalam sambutannya Bpk Nafrial, M.Ed yang merupakan ketua Jurusan Bimbingan Konseling Islam menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai pembekalan mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi, dengan target mahasiswa dapat menerapkan praktek konseling sebelum benar benar menjadi seorang konselor.

Emrison, kepala desa pulau panggung mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada mahasiswa BKI IAIN Curup yang sudah sudi datang ke Pulau Panggung, merupakan suatu kehormatan bagi kami telah dipilih untuk menjadi tuan rumah kegiatan BAKOMAS. Selain itu juga beliau menyampaikan dan memperkenalkan desa Pulau Panggung, salah satunya tentang peraturan yang diterapkan di Desa Pulau Panggung yaitu bagi laki-laki dilarang menggunakan celana pendek, dan bagi muda mudi dilarang keluar malam lewat pukul 22.00 WIB.

Pembukaan dilakasanakan dengan hikmat diikuti oleh mahasiswa, kelompok seni belada diri, siswa dan masyarakat sekitar.

@inspiratormuda